Monday, September 28, 2020

Kota Batu

Kota Batu adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Timur yang juga berdekatan dengan Kota Malang, menjadi penghubung dari Malang - Kediri juga Malang - Jombang. Berada di kawasan pegunungan dengan suasana pemandangan yang indah sangat mendukung dijadikan sebagai lokasi tempat pariwisata atau wisata.

Salah satu wilayah yang berada di ketinggian antara 700 s/d 2.000 diatas permukaan laut dengan kisaran suhu udara antara 11 derajat celcius hingga 19 derajat celcius, tak heran dibandingkan dengan kota lain di wilayah Jawa Timur menjadi salah satu kota yang beriklim dingin juga sejuk.

Kota Batu

kota batu
restojantan.blogspot.com
Dahulu Kota Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang yang kemudian ditetapkan menjadi kota sendiri pada 6 Maret 1993 yang kemudian tahun 2001 ditetapkan menjadi terpisah dari Kabupaten Malang yang kemudian dinamai dengan Kota Batu hingga sekarang ini.

Batu yang berada pada lokasi pegunungan membuat semakin terkenal karena memiliki potensi keindahan alam yang terbilang luar biasa, tak heran banyak pembangunan tempat wisata besar seperti Jatim Park 1 hingga 3, Museum Angkut, BNS yang masuk dalam kategori tempat wisata buatan.

Tempat wisata alam lain yang letaknya tak jauh dari pusat kota batu adalah Coban Rondo atau juga disebut air terjun coban rondo, memiliki debit air hingga 150 liter per detik pada musim penghujan.

Batu dikelilingi beberapa gunung baik yang masih aktif maupun tidak diantaranya :
  • Gunung Anjasmoro
  • Gunung Arjuno
  • Gunung Banyak
  • Gunung Kawi
  • Gunung Panderman
  • Gunung Semeru
  • Gunung Wukir
  • Gunung Welirang
Salah satu gunung yang paling terkenal di Pulau Jawa dan menjadi Gunung Tertinggi Di Jawa yaitu Gunung Semeru, yang hingga saat ini masih aktif dan menjadi lokasi kunjungan bagi wisatawan juga pecinta alam dari berbagai kota di Indonesia. Apalagi jika pada setiap 17 agustus, aktivitas pendakian akan lebih banyak terlihat untuk mendaki hingga upacara bendera pada puncak Mahameru.

Untuk Gunung Arjuno pada bagian sisi utara Kota Batu juga banyak dikunjungi para pecinta alam meski tak sebanyak Semeru, gunung yang terbilang banyak menyimpan kisah misteri dan hal hal gaib haruslah lebih berhati - hati.

Aktivitas pendakian juga terjadi di Gunung Panderman dan Gunung Welirang, lokasi yang terlihat masih alami menjadi daya tarik pecinta alam yang kebanyakan dari lokal Jawa Timur. Untuk di puncak dan sekitaran Gunung Banyak ada beberapa lokasi wisata yaitu Paralayang, Taman Langit, Rumah Pohon dan Taman Kelinci sebagai daya tarik Pariwisatanya.

Layanan transportasi dari beberapa lokasi kedatangan wisataaan yaitu Bandar Udara, Stasiun, Terminal terlihat terus meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi jika pada musim libur panjang akan terlihat antrian kendaraan. by Javanese Trans

Kota Batu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Javanese Trans